Cerpen : Cerita Singkat Masa Pandemi Covid-19 | Karya : Nur Fitriyah - MA Al Asyhar Sungonlegowo
News Update
Loading...

Senin, 19 September 2022

Cerpen : Cerita Singkat Masa Pandemi Covid-19 | Karya : Nur Fitriyah

CERITA PENDEK

KARYA : NUR FITRIYAH



CERITA SINGKAT MASA PANDEMI COVID-19


Tepatnya pada tangal 13 April 2020, sekolah kita diliburkan 2 minggu itu masih perkiraan jika pandemi covid-19 dinyatakan udah tidak ada. Dan selama 2 minggu itu, pihak sekolah memberlakukan belajar mengajar secara online. Jujur saja saya merasa kurang suka meskipun pembelajaran online itu lebih praktis dari pada pembelajaran manual. Saya kurang suka sebab pemahaman yang saya dapat kuran, Tidak bisa bertemu kawan-kawan, tidak bisa bercanda gurau bersama mereka. tapi mau bagaimana lagi, kita harus menerimanya karena ini udah kesepakatan pemerintah dengan seluruh pihak sekolah.

Selain itu saya merasa senang sebab saya bisa membantu pekerjaan ibu di rumah meskipun tidak semuanyah heheheh..., dan saya bisa membuka peluang bisnis saya di masa pandemi ini lewat media online, lumayan saya bisa menghasilkan uang jajan saya sendiri dan membantu meringan kan beban orang tua karena di masa pandemi ini hampir semua orang berjualan di media online. dan terkadang rasa bosan pun menghampiri saya yang saya lakukan bangun tidur, sholat shubuh, terus bantu masak ibu, ikut bantuin ibu jaga adik sebentar, terus sekoalah online, makan, pegang hp sambil nyemil, terus tidur bangun lagi *gitu-gitu mulu. Ya Allah cepat sirnahkan lah virus Covid-19 dari muka bumi ini dan sedihnya lagi, ketika saya mendapat kabar bahwa sekolah akan di tutup sampai bulan Mei, ya Allah saya sangat sedih saya menanti hari di mana saya akan bisa bercanda gurau dg teman-teman. Saya ingin berkumpul sama ibu bapak guru itu hanyah mimpi. Tapi saya percaya di balik Allah menciptapakan virus ini ada berkah yang tersembunyi yaitu kita dapat mensyukuri atas apa yang kita miliki, tidak melakukan pemborosan, dapat bershodaqoh sebagian harta kita yg di beri Allah, dan kita akan sadar bahwa sesulit apa pun hidup kita ternyata ada yang lebih sulit di bawah kita.

BERKAH COVID-19


Covid-19 membuat kita sadar
Satu kali kita makan di restoran
Cukup untuk sepekan hidup di desa
Dan membuat kita mengerti

Nelayan, petani dan peternak
Harus tetap bekerja di luar
Agar yang tinggal di dalam rumah
Tetap makan sate dan gulai ikan
Minum susu, dan menikmati nasi
Mengunyah roti gandum yang gurih
Tidak takut lapar dan sedih

Tuhan memberi kita nafas
Melalui virus corona
Sehingga kamu dan aku
Bersaudara dengan manusia
Di seluruh dunia

Insyaf, meriam dan bom
Taktik perang dan tipu daya
Bukan kebanggaan, bukan prestasi segala bangsa

Lama kelamaan aku mulai terbiasa dg aktifitas yang saya lakukan di masa” isolasi mandiri di rumah dan allhamdulillah nyah lagi di masa pandemi ini bisnis online dan offline ku di permudah oleh Allah.

Bekerja keraslah DI USIA MUDA. Karena tidak ada kenyamanan DI HARI TUA untuk orang yang malas DI USIA MUDA

Dan kebanyakan anak muda milenial sekarang tuh Cuma main HP, ngabisin uang orang tua, main-main nggak jelas *hadeehhhh. Menurut saya sendiri kehidupan kayak begitu tuh nggak guna banget hidup di dunia dan nggak bersyukur terhadap apa yang Allah berikan kepada dirinyah. kita di ciptakan Allah Alhamdulllilah dg keadaan yg sesempurna mungkin. Allah menganugrahkan kita sepasang telingga untuk mendengar, sepasang mata untuk melihat, sepasang tangan untuk melakukan sesuatu, dan sepasang kaki utk melangkah kemana tempat yang kita mauh dan mulut utk berbicara. Saya mencoba membuat ilustrasi mengenai uang saku yang di beri orang tua kita dari SD hinggah sekarang SMA XII saya mencoba menghitung rata” uang saku yang diberikan orangtua dari SD hingga SMA XII adalah Rp.20,000 dan kita dari SD KE SMA XII kita menghabiskan selama 12 tahun

1 tahun = 365 hari

Rp 20.000 x 365 hari = Rp 7.300.000

Rp 7.300.000 x 12 thn =Rp 87.600.000

Jadi uang yang dikeluarkan orangtua kalian selama 12 thn ini adalah Rp 87.600.000.

Ini masih saya hitung dengan ilustrasi uang saku yang di berikan orang tua belum biaya fasilitas sehari-hari, kalian tidak tahu uang darimana mereka. mereka rela makan nasi sama garam demi mencukupi segala fasilitas kalian,pendidikan kalian panas hujan badai mereka terjang demi siapa lagi yah demi kalian dan keluarga kecilnyah apakah dengan cara kalaian main geme bisa membalas semua yang di berikan orang tua kalian dari kalian lahir sampai sekarang ngk akan pernah bisa kalian membalas nyah mereka pun ngak mengharapkan balasan apa-apa dari kalian.

Jadi, ayolah teman-teman mulai sekarang gunakan waktu-waktu yang biasa kalian pergunakan untuk bermain geme kluyuran nggak jlas yang tentu menghabiskan uang. Saya di sini ngk menyuruh kalian utuk berbisnis/pun bekerja di usia kalian sekarang sejatinyah semua orang tua ngak akan ngebolehin kalian kerja mereka menyuruh kalian focus sama pendidikan kalian. Tapi saya berpesan pada kalian gunakan waktu mu sebaik mungkin dan wujudkan impian kedua orangtuamu dan bahagiakan lah mereka jangan membuatnyah sedih terus sama prilakumu kalo bisa bantu sedikit-sedikit pekerjaannya.

#QUOTESOFTHEDAYS


"Kuncinya bukan menghabiskan waktu, tapi meng investasikanya"

"Hidup adalah 10% hal yang terjadi pada kita dan 90% bagaimana kita meresponnya"

"Selalu ada resikonyah dalam setiap pekerjaan namun selalu ada imbalan dari setiap resiko"

"Apapun yang terjadi jangan biarkan omongan seseorang menjatuhkan mimpimu"

"Di saat kamu sendiri bilang tidak bisa di situlah kalian akan binasa"

"Jangan berhenti ketika kamu lelah berhentilah ketika kamu sampai pada tujuan"

"Tataplah masalalu dengan penuh kepuasan sonsonlah masa depan dengan penuh keyakinan"

"Ketika kamu merasa ingin berhenti pikirkan tentang mengapa kamu memulainya"

"Jadikan lah dirimu menjadi seperti lautan luas jika terjadi apapun kamu harus terima dengan ikhlas"

"Ketika kita terjatuh maka saat itulah kita harus loncat lebih tinggi lagi"

"Orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu orang yang masih terus belajar akan menjadi pemilik masa depan"

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat Datang di Website Resmi MA Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Madrasah Hebat Bermartabat
Done